Jumat, 28 Mei 2010

Sistem Religi Orang Dayak

A. Sistem religi

Penduduk Dayak memiliki dasar kepercayaan Kaharingan. Istilah Kaharingan diambil dari kata Danum Kaharingan yang berarti air kehidupan. Orang Dayak percaya bahwa di dunia ini banyak terdapat roh-roh halus. Mereka percaya akan:

1. Sangiang (roh yang tinggal di tanah dan udara)

2. Timang (roh yang tinggal di batu keramat)

3. Tondoi (roh yang tinggal di bunga)

4. Kujang (roh yang tinggal di pohon)

5. Longit (roh yang tinggal di mandau-mandau). Roh nenek moyang Suku Dayak sangat berpengaruh pada kehidupan. Beberapa istilah: roh nenek moyang = Liu dunia roh = Ewu Liu (negeri kaya raya) Dewa tertinggi = Ranying

Proses bagi yang meninggal Upacara pembakaran mayat:

1. Tiwah: Ngaju

2. Ijambe: Ma‘anyan

3. Daro: Ot Danum

Peti mayat disebut lesung, yang merupakan kuburan sementara. Sandung / tambak : tempat untuk menyimpan tengkorak yang tidak dibakar dan abu yang berasal dari yang dibakar

Tradisi Penguburan

Tradisi penguburan dan upacara adat kematian pada suku bangsa Dayak diatur tegas dalam hukum adat. Sistem penguburan beragam sejalan dengan sejarah panjang kedatangan manusia di Kalimantan. Dalam sejarahnya terdapat tiga budaya penguburan di Kalimantan :

1. Penguburan tanpa wadah dan tanpa bekal, dengan posisi kerangka dilipat.

2. Penguburan di dalam peti batu (dolmen)

3. Penguburan dengan wadah kayu, anyaman bambu, atau anyaman tikar. Ini merupakan sistem penguburan yang terakhir berkembang.

Pada umumnya terdapat dua tahapan penguburan:

1. Penguburan tahap pertama (primer)

2. Penguburan tahap kedua (sekunder). Penguburan sekunder tidak lagi dilakukan di goa. Di hulu sungai Bahau dan cabang-cabangnya di Kecamatan Pujungan, Malinau, Kaltim, banyak dijumpai kuburan tempayan-dolmen yang merupakan peninggalan megalitik. Perkembangan terakhir, penguburan dengan menggunakan peti mati (lungun) yang ditempatkan di atas tiang atau dalam bangunan kecil dengan posisi ke arah matahari terbit. Prosesi penguburan sekunder yakni:

a. Tiwah adalah prosesi penguburan sekunder pada penganut Kaharingan, sebagai simbol pelepasan arwah menuju lewu tatau (alam kelanggengan) yang dilaksanakan setahun atau beberapa tahun setelah penguburan pertama di dalam tanah.

b. Ijambe adalah prosesi penguburan sekunder pada Dayak Maanyan. Belulang dibakar menjadi abu dan ditempatkan dalam satu wadah

c. Wara

d. Marabia

e. mambatur (Dayak Maanyan)

f. kwangkai (Dayak Benuaq)

Masyarakat Dayak Ngaju mengenal tiga cara penguburan, yakni :

1. Dikubur dalam tanah

2. Diletakkan di pohon besar

3. Dikremasi dalam upacara tiwah.

1 komentar:

  1. Baccarat - FBS & Gambling: What You Need to Know
    One of the 1xbet korean easiest to understand baccarat is where each and every bet is febcasino placed. The house or dog sits in the middle of it หาเงินออนไลน์ all – and the

    BalasHapus